Apa Itu CBS ?
Pada sepedamotor
konvensional rem depan dan rem belakang merupakan dua sistem yang saling bebas
dan berdiri sendiri (terpisah). Masing-masing sistem memiliki tuas atau
aktuator penggeraknya sendiri. Fungsi pengereman akan optimal ketika rem depan
dan rem belakang dioperasikan secara simultan (bersamaan) dengan menggerakkan
kedua tuas rem
Sedangkan pada Combined
Brake System atau Combi Brake System (CBS), sistem pengereman didesain untuk
mengkombinasikan antara rem depan dan rem belakang sedemikian rupa agar dapat
bekerja secara bersama dengan hanya menggunakan satu tuas. Sistem ini dapat
diterapkan pada salah satu tuas rem (Single CBS atau Combi Brake). Jika sistem
ini diterapkan pada kedua tuas rem maka lazim disebut dengan Dual CBS.
CBS pertama kali
diaplikasikan pada sepeda motor Honda Goldwing pada tahun 1982, seiring waktu
dan dengan banyaknya minat konsumen akan type ini maka CBS ini mulai
diaplikasikan di type motor yang lain, tidak terkecuali type scooter. Pada
beberapa model juga dikembangkan kombinasi aplikasi CBS dengan Antilock Brake
System (ABS). Mengenai ABS akan dibahas pada edisi lain. Gambar 2.
mengilustrasikan aplikasi CBS dan ABS pada beberapa sepeda motor Honda.
Mengenal Komponen CBS
Apa saja komponen CBS ?
berikut adalah komponen-komponen penyusun CBS.
Gambar: 3. Component of
CBS
Gambar: 4. Visual
Appearance of CBS
Bagaimana Prinsip kerja
CBS (Combined Brake System) ?
Pada dasarnya CBS
merupakan mechanical braking system yang artinya dalam pengoperasiannya hanya
menggunakan prinsip mekanik saja. Dalam hal ini CBS type menggunakan Equalizer
sebagai system mekanik yang bertugas sebagai penghubung antara front brake,
rear brake dan lever left sehingga CBS tersebut dapat bekerja secara bersamaan.
Untuk lebih jelasnya mengenai prinsip kerja CBS dapat dilihat seperti
illustrasi dibawah ini:
- Pada illustrasi diatas dapat kita ketahui bahwa pada saat Lever L sedikit ditekan maka equalizer akan mulai menarik cable rear brake (rear brake on)
- Langkah selanjutnya jika lever left ditekan hingga maksimal, maka equalizer akan menarik front brake cable dan rear brake cable secara bersamaan dengan porsi pengereman yang lebih besar pada rear brake. Hal ini sengaja didesign sedemikian rupa sehingga proses pengereman yang dihasilkan lebih optimal dan kenyamanan pengendara dapat ditingkatkan.
- Sedangkan pada saat lever right ditekan maka yang terjadi adalah pengereman depan saja (front brake only) dan CBS part tidak berfungsi (Left Brake lever area).
PARKING BRAKE LOCK (CBS
TYPE)
Satu lagi fitur yang menyertai
CBS pada Vario CBS Techno adalah adanya Parking Brake Lock. Seperti pada model
pendahulunya, Parking Brake Lock ini berfungsi untuk membantu pengendara pada
saat menyalakan engine sebagai safety lock brake sehingga motor tidak berjalan
pada saat sepedamotor dinyalakan, selain itu parking brake lock juga berfungsi
sebagai alat bantu pada saat unit motor berhenti ditanjakan sehingga motor
tidak turun kebelakang. Jika kita lihat dari segi mekanisme cara kerja parking
brake lock type CBS memang sedikit berbeda dari type sebelumnya dapat kita
lihat pada konstruksi dan cara pengoperasiannya. Pengoperasian Parking Brake
Lock pada Vario CBS Techno adalah sebagai berikut :
Apa Keunggulan CBS??
·
Combined Brake System: Artinya dengan
menggunakan sistem pengereman ini maka dengan satu tuas (left lever) sudah
dapat mengaplikasikan front dan rear brake secara bersamaan dibandingkan sistem
pengeraman konvensional.
- Jarak pengeraman yang dihasil lebih maksimal.
- Teknologi CBS yang telah diterapkan akan memberikan feeling pengereman yang nyaman bagi pengendara.
- Dengan adanya CBS pengendara secara tidak langsung diajarkan cara pengereman yang benar
- CBS merupakan valuable feature for brake technology
Dengan keunggulan-keunggulan
di atas, maka semakin bangga pengguna Vario CBS Techno berkata : I’m Vario, I’m
Vario Techno, what about you?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar